cara praktis menaikkan berat badan dalam waktu singkat

Sementara beberapa orang berlomba terlihat lebih langsing, sebenarnya ada juga sejumlah orang yang sebaliknya ingin menambah berat badan. Menjadi terlalu kurus kadang jadi tantangan tersendiri, mulai dari sulitnya memilih ukuran baju yang pas dengan tubuh hingga sering diejek oleh teman-teman karena terlihat seperti "walking kerangka". Tentu ini sama sekali tidak lucu, bukan? Ada banyak cara yang Anda lakukan tapi hasilnya tidak seperti yang Anda inginkan? Bisa jadi strategi yang Anda lakukan tidak benar atau Anda tidak menjalankannya secara konsisten.

Inilah cara menaikkan berat badan dalam waktu singkat

1. Tentukan Target Anda
Tetapkan target yang bertujuan untuk melihat kemajuan Anda dari waktu ke waktu. Penargetan misalnya Anda harus memanjat 0,5 kg perminggu. Jika ada kebutuhan kalori pertambahan berat badan per hari berarti Anda sudah bertemu. Anda bisa terus mengonsumsi kalori yang sama dengan berat ideal yang Anda capai. Jika Anda tidak bertambah berat badan selama dua minggu, sembari mengkonsumsi kalori dalam jumlah yang sama per hari, lalu perbaiki asupan kalori Anda. Tambahkan 500kkal / hari lagi dan periksa apa yang terjadi. Ulangi sampai berat badanmu bertambah.



2. Makan lebih banyak Kalori
Untuk menambah berat badan, Anda membutuhkan kalori lebih banyak daripada membakar tubuh. Caranya adalah dengan mereproduksi porsi makanan. Cari tahu berapa banyak kalori yang Anda butuhkan untuk menambah berat badan. Kemudian secara konsisten makan lebih banyak kalori. Kurus untuk pria dengan berat badan 60 kg membutuhkan sebanyak 2112 kalori per hari. Tambahkan 500 kalori per hari menjadi 2612kkal / hari untuk menambah berat badan. Ratakan sampai 2600kkal agar tetap sederhana. Akan sangat sulit untuk meningkatkan jumlah kalori dalam satu makanan karena perut Anda mungkin tidak terbiasa. Agar bisa mengakalinya Anda bisa makan porsi sedikit tapi lebih sering, cara ini cukup efektif asalkan dilakukan secara konsisten.

3. Perluas konsumsi Protein
Seperti kalori, protein juga sangat penting untuk meningkatkan massa otot. Kebutuhan protein per orang akan berbeda tergantung umur dan berat badan. Biasanya 0,8 gram protein dibutuhkan untuk setiap kilogram berat badan. Jadi jika Anda memiliki berat 50 kilogram, setidaknya Anda harus mengkonsumsi 40 gram protein setiap hari. Anda dapat dengan mudah menekan angka-angka ini dengan mengambil seluruh sumber protein setiap saat.

4. Makan lebih sering
Kalori dalam jumlah banyak tidak akan hanya 2-3 yang pasti akan makan saja. Akan lebih mudah jika Anda makan lebih sering tapi kalori tetap bisa dipastikan. Caranya jika biasanya Anda makan 3 kali sehari dengan porsi besar, Anda bisa memecahnya menjadi lima kali makan dengan porsi lebih sedikit. Anda membutuhkan 8 jam waktu tidur, dan 16 jam untuk aktivitas termasuk makan. Akan lebih mudah jika dalam 16 jam, mereka terbagi menjadi beberapa kali wktu. Dengan porsi makan yang lebih kecil namun sering perut Anda memiliki waktu istirahat tidak terasa kenyang setiap saat.

Tanda-tanda Anda telah mencapai berat badan ideal Anda termasuk peningkatan energi, diet yang stabil, dan kesehatan secara keseluruhan.