Daftar makanan yang mengandung asam folat

Asupan makanan yang mengandung asam folat, keduanya juga dikonsumsi oleh ibu menyusui. Bagian asupan asam folat untuk ibu menyusui itu 500 mcg per hari. Sedangkan untuk wanita menyusui, membutuhkan asupan asam folat sebanyak 600 mcg perhari juga. Anda hanya perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat setiap hari, tentunya dengan ukuran dan diet yang baik. Apa makanan yang mengandung asam folat? Ini dia!


Ini dia makanan yang mengandung asam folat

1. Hati ayam
Setiap 1 ons hati ayam mengandung 165 mikrogram asam folat. Jumlah ini sudah bisa memenuhi kebutuhan  anak asam folat yang berusia 1 sampai 3 tahun. Semakin matang seseorang maka dibutuhkan asam folat yang semakin tinggi. Misalnya, asam folat harian dibutuhkan oleh wanita dewasa dalam kondisi hamil sekitar 600 mikrogram. Perlu diingat bahwa konsumsi hati ayam secara berlebihan bisa berakibat negatif seperti kadar kolesterol tinggi. Untuk memenuhi kebutuhannya, orang dewasa dianjurkan untuk mengkonsumsi madu dan asam folat ke sumber lainnya. Untungnya, masih ada bahan makanan lain dengan asam folat tinggi dan tak kalah lezatnya dari hati ayam.

2. Kacang kacangan
Jika Anda seorang vegetarian atau mengurangi konsumsi produk hewani, kebutuhan akan asam folat Anda tetap bisa terpenuhi. Berbagai produk nabati memiliki kandungan asam folat yang tinggi, seperti kacang-kacangan. Asam folat bisa ditemukan di semua jenis kacang. Dalam mengkonsumsi kacang-kacangan, sebaiknya Anda memilih produk yang belum diproses dalam suhu tinggi karena kandungan asam folatnya bisa berkurang atau hilang.

3. Bayam
Tak salah bila Popeye bayam sebagai makanan kesukaannya memilih. Bayam memang mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh, termasuk asam folat. Kandungan asam folat yang ditemukan pada bayam hanya diaplikasikan lebih tinggi dibandingkan dengan produk nabati lainnya. 100 gram bayam direbus tanpa garam mengandung 146 mikrogram asam folat.

4. Kuning telur
Satu lagi produk hewani yang memiliki kadar asam folat tinggi adalah kuning telur. Kuning telur biasanya dicampur dengan madu untuk meningkatkan nafsu makan. 100 gram kuning telur asin mengandung sekitar 107 mikrogram asam folat. Asam folat pada kuning telur bisa mempercepat pembentukan sel-sel tubuh atau mencegah anemia yang disebabkan oleh kekurangan asupan asam folat. Namun, konsumsi kuning telur juga harus dibatasi. Sama halnya dengan hati ayam, kuning telur memiliki kadar kolesterol tinggi.

5. Buah Bits
Bit buah sudah lama dikenal dengan berbagai manfaat. Kandungan nutrisi dalam bit bisa bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah, mencegah anemia, menjaga kesehatan ginjal untuk mencegah kanker. Kadar asam folat dalam sedikit untuk mencegah kelahiran prematur atau cacat pada bayi. Bit saat ini dapat ditemukan dalam berbagai produk olahan seperti keripik, jus atau pie. Usahakan mengonsumsi sedikit tanpa banyak tambahan produk lain sehingga manfaat nutrisinya dapat dirasakan dengan maksimal tubuh.

Masih banyak makanan lain yang mengandung asam folat. Anda tinggal memilih sesuai dengan preferensi pribadi mereka. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda.